Selasa, 11 April 2017



ASESMEN ABK



Program Pembelajaran Individu

Dosen :
Imam Yuwono, M.Pd
Mirnawati, M.Pd

oleh:
Hayatun Nisa (A1F115046)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2016


PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU

NAMA SEKOLAH               : SLB NEGERI PELAMBUAN BANJARMASIN
NAMA SISWA                      : MUHAMMAD REZKY ARBIANOOR
KELAS                                   : I B
SEMESTER                            : 2 (GENAP)
HAMBATAN                         : PENDENGARAN (TUNARUNGU)
BIDANG INTERVENSI       : MEMBACA

TARAF KEMAMPUAN SAAT INI :
1.      Yang Telah Dicapai    :
Aspek Perkembangan
a.       Anak dengan mudah mengelompokkan, mengurutkan, dan menjodohkan suatu obyek.
b.      Anak sangat baik dalam persepsi visual.
c.       Dalam motorik anak tidak ada masalah sehingga anak mudah melakukan sesuatu yang berhubungan dengan motoriknya.
d.      Anak mampu memahami dan melakukan perintah lisan, namun memerlukan contoh untuk melakukannya.
Aspek Akademik
a.       Anak mampu membaca permulaan, dan anak baik dalam hal mengeja kata.
b.      Dalam menulis, anak baik dan tidak ada kesulitan khusus.
c.       Dalam akademik berhitung, anak sangat baik digeometrinya, karena anak senang dengan gambar-gambar seperti menebalkan garis putus-putus pada gambar balok dan persegi panjang.

2.      Yang Belum Dicapai   :
Aspek Perkembangan
a.       Anak memiliki kelemahan dalam persepsi auditoris
b.      Anak sulit menentukan jumlah atau panjang suatu obyek apabila terjadi perubahan posisi atau tempat.
Aspek Akademik
a.       Anak sulit dalam membaca permulaan.
b.      Anak sulit dalam menerka kata.
c.       Anak sulit memahami suatu wacana bacaan yang ada.
d.      Anak sulit menuliskan atau memisahkan suatu kata dengan menggunakan ejaan yang benar.


A.                TUJUAN JANGKA PANJANG
1.      Anak mampu mengenal huruf alphabet dari A-J

B.                 TUJUAN JANGKA PENDEK
1.      Anak mampu menunjukkan huruf kecil dari A-J
2.      Anak mampu menunjukkan huruf kapital dari A-J
3.      Anak mampu menuliskan huruf kecil dari A-J
4.      Anak mampu menuliskan huruf kapital dari A-J

C.                MATERI
1.      Menunjukkan huruf kapital dari A-J

D.                ALOKASI WAKTU
2 × 45 menit

E.                 METODE
1.Demonstrasi
2.Tanya Jawab
3.Latihan

F.                 MEDIA
1.      Papan Tulis
2.      Spidol
3.      Penghapus
4.      Lem
5.      Huruf alphabet hias warna warni

G.                DESKRIPSI LAYANAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran
Waktu
Aspek Guru
Aspek Siswa
Kegiatan Awal
20 menit
-          Guru memerintahkan kepada siswa untuk duduk di kursinya masing-masing
-          Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
-          Mengecek kehadiran siswa
-          Siswa duduk di kursinya masing-masing

-          Siswa mengikuti guru berdoa

-          Siswa mengangkat tangan saat namanya dipanggil
Kegiatan Inti
60 menit
-          Guru mengajak anak bermain dengan meminta anak menempelkan huruf alphabet yang dibuat guru dengan warna warni di papan tulis sesuai huruf yang dituliskan guru sebelum memberikan materi

-          Guru menjelaskan kepada siswa materi yang akan dipelajari dan meminta anak untuk menyiapkan alat tulis
-          Guru menuliskan huruf alphabet dari A-J di papan tulis
-          Guru menyebutkan satu per satu nama huruf alphabet dari A-J yang ada dipapan tulis disertai isyarat jari


-          Guru menyebutkan huruf alphabet secara acak
-          Anak mengikuti permainan sesuai instruksi guru









-          Siswa
mempersiapkan alat tulisnya



-          Siswa menuliskan huruf alphabet dari A-J di dibuku
-          Siswa mengikuti untuk mengucapkan nama bilangan yang disebutkan guru dengan disertai isyarat jari
-          Siswa menuliskan lambang bilangan yang disebutkan guru
Kegiatan Akhir
10 menit
-          Mengkondisikan siswa dengan memintanya untuk menyusun alat tulisnya ke dalam tas dan meminta anak untuk duduk rapi kembali di kursi masing-masing

-          Guru mengajak siswa untuk berdoa bersama sebelum pulang
-          Siswa merapikan alat tulis yang ada dimeja dan memasukkannya ke dalam tas kemudian duduk kembali di kursinya masing-masing
-          Siswa mengikuti guru berdoa

H.                EVALUASI
Bentuk                        : Tes
Jenis                : Tertulis
Instrumen
SOAL
HASIL
YA
TIDAK
1.      Tunjukkan huruf alphabet dibawah ini !
E
B
G
D
H


2.      Tuliskan huruf alphabet dari A-J  di kotak yang telah disediakan !


3.      Tebalkan huruf pada kata dibawah ini berdasarkan soal !

a. Tebalkan huruf A pada kata di bawah ini


MAMA
 
 


IBU MEMBUAT BAJU
 
b. Tebalkah huruf B dan D pada kalimat di bawah ini


c. Tebalkan huruf C, G dan I pada kalimat dibawah
     ini


CIKA MENGAJARI GIO MENGGAMBAR
 
 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar