ASESMEN
ABK
![]() |
Program Pembelajaran Individu
Dosen
:
Imam
Yuwono, M.Pd
Mirnawati,
M.Pd
oleh:
Hayatun
Nisa (A1F115046)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2016
PROGRAM
PEMBELAJARAN INDIVIDU
NAMA SEKOLAH : SLB NEGERI PELAMBUAN BANJARMASIN
NAMA SISWA : MUHAMMAD REZKY ARBIANOOR
KELAS :
I B
SEMESTER : 2 (GENAP)
HAMBATAN :
PENDENGARAN (TUNARUNGU)
BIDANG INTERVENSI : MEMBACA
TARAF
KEMAMPUAN SAAT INI :
1. Yang
Telah Dicapai :
Aspek Perkembangan
a. Anak
dengan mudah mengelompokkan, mengurutkan, dan menjodohkan suatu obyek.
b. Anak
sangat baik dalam persepsi visual.
c. Dalam
motorik anak tidak ada masalah sehingga anak mudah melakukan sesuatu yang
berhubungan dengan motoriknya.
d. Anak
mampu memahami dan melakukan perintah lisan, namun memerlukan contoh untuk
melakukannya.
Aspek
Akademik
a. Anak
mampu membaca permulaan, dan anak baik dalam hal mengeja kata.
b. Dalam
menulis, anak baik dan tidak ada kesulitan khusus.
c. Dalam
akademik berhitung, anak sangat baik digeometrinya, karena anak senang dengan
gambar-gambar seperti menebalkan garis putus-putus pada gambar balok dan
persegi panjang.
2. Yang
Belum Dicapai :
Aspek Perkembangan
a. Anak
memiliki kelemahan dalam persepsi auditoris
b. Anak
sulit menentukan jumlah atau panjang suatu obyek apabila terjadi perubahan
posisi atau tempat.
Aspek
Akademik
a. Anak
sulit dalam membaca permulaan.
b. Anak
sulit dalam menerka kata.
c. Anak
sulit memahami suatu wacana bacaan yang ada.
d. Anak
sulit menuliskan atau memisahkan suatu kata dengan menggunakan ejaan yang
benar.
A.
TUJUAN
JANGKA PANJANG
1. Anak
mampu mengenal huruf alphabet
dari A-J
B.
TUJUAN
JANGKA PENDEK
1. Anak
mampu menunjukkan huruf kecil dari A-J
2. Anak
mampu menunjukkan huruf kapital dari A-J
3. Anak mampu menuliskan huruf kecil dari A-J
4. Anak mampu menuliskan huruf kapital dari A-J
C.
MATERI
1. Menunjukkan huruf kapital dari A-J
D.
ALOKASI
WAKTU
2
× 45 menit
E.
METODE
1.Demonstrasi
2.Tanya
Jawab
3.Latihan
F.
MEDIA
1. Papan
Tulis
2. Spidol
3. Penghapus
4. Lem
5. Huruf alphabet hias warna warni
G.
DESKRIPSI
LAYANAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran
|
Waktu
|
Aspek Guru
|
Aspek Siswa
|
Kegiatan Awal
|
20 menit
|
-
Guru memerintahkan kepada siswa untuk
duduk di kursinya masing-masing
-
Guru mengajak siswa berdoa bersama
sebelum memulai pelajaran
-
Mengecek kehadiran siswa
|
-
Siswa duduk di kursinya masing-masing
-
Siswa mengikuti guru berdoa
-
Siswa mengangkat tangan saat namanya
dipanggil
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
-
Guru mengajak anak bermain
dengan meminta anak menempelkan huruf alphabet yang
dibuat guru dengan warna warni di papan tulis sesuai huruf yang dituliskan
guru sebelum
memberikan materi
-
Guru menjelaskan kepada siswa materi
yang akan dipelajari dan meminta anak untuk menyiapkan alat tulis
-
Guru menuliskan huruf alphabet dari A-J di papan tulis
-
Guru menyebutkan satu per satu nama huruf alphabet dari A-J yang ada dipapan tulis disertai isyarat jari
-
Guru menyebutkan huruf alphabet secara acak
|
-
Anak mengikuti permainan sesuai
instruksi guru
-
Siswa
mempersiapkan
alat tulisnya
-
Siswa menuliskan huruf alphabet dari A-J di dibuku
-
Siswa mengikuti untuk mengucapkan nama
bilangan yang disebutkan guru dengan disertai isyarat
jari
-
Siswa menuliskan lambang bilangan yang
disebutkan guru
|
Kegiatan Akhir
|
10 menit
|
-
Mengkondisikan siswa dengan memintanya
untuk menyusun alat tulisnya ke dalam tas dan meminta anak untuk duduk rapi
kembali di kursi masing-masing
-
Guru mengajak siswa untuk berdoa
bersama sebelum pulang
|
-
Siswa merapikan alat tulis yang ada
dimeja dan memasukkannya ke dalam tas kemudian duduk kembali di kursinya
masing-masing
-
Siswa mengikuti guru berdoa
|
H.
EVALUASI
Bentuk : Tes
Jenis : Tertulis
Instrumen
SOAL
|
HASIL
|
|||||||||||
YA
|
TIDAK
|
|||||||||||
1. Tunjukkan
huruf alphabet dibawah ini !
|
|
|
||||||||||
2. Tuliskan
huruf alphabet dari A-J di kotak yang telah disediakan !
![]() |
|
|
||||||||||
3.
Tebalkan
huruf pada kata dibawah ini berdasarkan soal !
a. Tebalkan
huruf A pada kata di bawah ini
c. Tebalkan
huruf C, G dan I pada kalimat dibawah
ini
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar